Minggu, 29 Agustus 2010

Cara Penggunaan Epoxy ( Primer )

Apakah Primer itu ?

Primer adalah bahan yang digunakan untuk lapisan logam yang sebelumya sudah di lakukan proses persiapan tahap awal pengecatan dahulu. yaitu :


Berikut ini adalah yang termasuk primer :

Epoxy Primer

Epoxy Primer merupakan bahan untuk melindungi logam dari proses oxidasi dan bersifat tahan air.
Anda harus menggunakanya paling tidak sebanyak 1 atau 2 lapis saja.



Bengkel cat menggunakan jenis epoxy primer ini sebelum mereka menggunakan bahan lain untuk lapisan berikutnya. Dikarenakan Epoxy Primer ini Tahan terhadap air maka berfungsi juga untuk :
  1. Melindungi bahan yang terbuat dari logam dari karat 
  2. Melekat sangat bagus pada logam dan menghasilkan lapisan dasar yang sempurna untuk pengecatan.

Epoxy Surfacer

Epoxy Surfacer digunakan untuk melindungi lapisan cat dasar dari bermacam-macam bahan dan pengencer yang terdapat pada produk lapisan atas dan memberikan daya lekat yang tinggi. Epoxy Surfacer juga membantu pencapaian kesamaan warna mixing colour pada pengecatan.

Apabila anda akan mengecat diatas cat lama, sangat dianjurkan menggunakan epoxy surfacer ini. ( setelah proses pengamplasan dan degreaser terlebih dahulu )
Akan lebih penting lagi apabila anda tidak mengetahui seberapa bagusnya kualitas cat yang lama untuk ditindih atau dilakukan repaint.

Epoxy Surfacer merupakan pilihan produk yang sangat bagus pada saat anda harus menindih cat original mobil yang mana telah di finishing menggunakan pengecatan sistem oven dengan suhu extreme panas.

Lapisan cat original ini mempunyai permukaan yang sangat keras dan tahan lama. Oleh sebab itu cat baru yang akan diaplikasikan diatasnya harus bekerja keras membaur dan melekat dengan baik diatas cat original.

Menggunakan Epoxy Surfacer akan memberikan sentuhan dan perbedaan antara ala kadarnya dan kualitas pengecatan yang sempurna ( maksimal ).

Pastikan anda mendiskusikan penggunaan dan pemilihan produk jenis epoxy ini dengan bengkel anda.
Anda juga harus menggunakan panduan dan informasi cara pencampuran perbandingan epoxy yang di sarankan oleh produsen masing - masing produk.

Saat lapisan logam telah menggunakan epoxy primer, primer akan menutup lubang kecil dan guratan amplas pada permukaanya.
Pastikan anda menggunakan produk primer yang sama dari produk cat yang akan anda gunakan nantinya.

Kepadatan Primer mempunyai kemampuan menutup kekurangan pada lapisan dan memberikan lapisan yang bisa di amplas sampai benar-benar halus.

Ingatlah bahwa primer hanya digunakan untuk permukaan yang yang perlu ditutup seperti pada lubang, pori. guratan yang sangat kecil.

Untuk proses terakhir penggunaan primer ini adalah penggunaan cat dasar diatasnya yang bertujuan untuk :
  • melapisi  permukaan bahan epoxy dari proses penyerapan bahan thinner
  • Meningkatkan daya rekat ke semua produk cat yang akan diaplikasikan diatasnya.

Pastikan anda menyiapkan amplas yang cukup untuk menghaluskan primer setelah diaplikasikan. Gunakan amplas basah dan kering ukuran 800.

Epoxy Primer dan Surfacer biasanya tidak memerlukan proses pengamplasan, kecuali hasil aplikasi anda tidak rata dan tidak sempurna maka pengamplasan harus dilakukan.

Boleh juga menggungkan epoxi primer untuk menghilangkan cat lama dan keropos pada lapisan logam, Atau dengan langsung menggunakan dempul baru kemudian menggunakan epoxy primer.

Untuk pengecatan baru, idealnya permukaanya harus sudah dipersiapkan untuk ditimpa dengan cat yang baru.
Untuk panel yang tergores, anda hanya diharuskan mengisolasi ( masking ) area yang tidak diaplikasikan epoxy. Setelah proses penggunaan epoxy surfacer selesai anda dapat langsung mengecatnya. Pastikan anda mengikuti petunjuk cara pemakaian dari produk.

Apabila hanya beberapa bagian dari panel yang akan di epoxy, Pastikan anda menggunakan masking yang lebar ( kertas koran bekas ) untuk melindungi bagian lain supaya tidak terkena cipratan semprotan epoxy.

Gunakan tekanan angin yang paling kecil yang direkomendasikan produk, dan semprotkan secara perlahan pada saat menutup goresan atau luka pada spot area. Lepaskan picu semprotan spraygun segera setiap kali setelah anda melewati spot area tersebut.

34 komentar:

  1. kok mantab banget artikelnya....sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Banyak pilihan, sehingga banyak membantu apalagi jika dilengkapi panduan dalam bentuk gambar, terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya....
    semoga sukses selalu
    pengetahuan ane makin nambah.....
    tab....tab...mantab

    BalasHapus
  4. bagus bgt info nya...

    BalasHapus
  5. keren bang artikelnya.... makasih

    BalasHapus
  6. inti pengecatan saja pak supaya tahapannya jelas, misal 1, perontokan cat, 2 .dempul pakai apa, 3, semprot pakai efoxy filler, 4, semprot pakai efoxy primer,5 semprot pakai efoxy surfacer, 6 ,semprot pakai cat dasar, 7 , semprot pakai cat utama, 8, semprot pakai clear coat, 9, gosok untuk mengkilapkan......mana yg benar urutannya, tks

    BalasHapus
  7. @Anonim
    1. epoxy primer
    2. dempul
    3. amplas
    4. tutup permukaan dempul pake epoxy surfacer
    5. amplas sampe halus
    6. cat finish
    7. clear ?

    BalasHapus
  8. Mau tanya apakah epoxy filler (merek dnt aclose super dgn label epoxy filler ditempel pd kaleng) sama dgn surfacer?tks atas jawabannya

    BalasHapus
  9. @anggoro aryobisa, tapi harus di amplas dulu kalengnya.

    BalasHapus
  10. Sori gan nanya lagi..mksd sy epoxy filler merek dnt aclose super apakah termasuk dlm kategori surfacer (bukan primer)..posisi skrg sdh selesei tahap epoxy primer + pendempulan..mau lanjut ke tahap surfacer tp ragu atas produk yg sdh sy beli apakah produk tsb primer atau surfacer soalnya d krmasannya tulisannya epoxy filler,bkn surfacer..tks atas atensinya..

    BalasHapus
  11. gan, bedanya epoxy primer, surfacer, sama filler apa ya ?
    kalo ada sekalian sama contohnya gan
    thanks gan

    BalasHapus
  12. @anggoro aryodnt termasuk poxy kualitas bagus. fleksibel buat primer dan surfacer. Lanjutkan aja pengamplasan sampe grid 800 baru di cat. Tks

    BalasHapus
  13. @Anonimkalo primer karakteristiknya cenderung agak kasar dan daya lekatnya kuat pada plat bisa juga dipake untuk filler ato surfacer yang penting ngamplasnya halus.. tapi kalo surfacer lebih lembut dan mudah pengamplasanya karena biasanya untuk cat finishing tapi meskipun begitu surfacer biasanya ada yang daya lekat kuat pada plat ada yang tidak. untuk merk nya sebaiknya tanya pada penjualnya langsung mengenai daya lekatnya saya gak bisa memberikan contoh karena terlalu banyak produk di pasaran.

    BalasHapus
  14. Kalo epoxy primer dan surfacer mggunakan tipe NC, apakah bs ditindih dgn base coat dan clearcoat jenis PU?apakah ada efek kedepannya spt cat mjd retak atau kulit jeruk atau busam dan sebagainya..tks

    BalasHapus
  15. @anggoro aryogpp pake epoxy nc yang penting daya lekat dan tutup porinya bagus.

    BalasHapus
  16. Saya mau cat ulang tangki langkah 1.perontokan cat
    2.langsung epoxy surfacer
    3.cat dasar
    4.cat utama
    5.pernis
    langkahnya sudah benar tidak yg saya tanyakan apakah harus saya pake epoxy filler dulu sebelum cat dasar

    BalasHapus
  17. @yuda alfiansudah benar itu, kalo ada pendempulan harus di epoxy surfacer lagi dempulnya supaya cat nya tidak meresap ke dempulnya.

    BalasHapus
  18. tank's untuk catatannya sangat membantu para pemula untuk mempraktekan bagaimana memuat mobil jadi mulus tanpa berpori2.

    BalasHapus
  19. Gan kalo epoxy tanpa hardened ada fungsi nya gak
    Trs satu lg ada gak yg jual hardened nya aja

    BalasHapus
  20. @Slamet Widodobiasanya menggunakan dempul odol ato dempul halus.

    BalasHapus
  21. @faisal fearnandohardener vital fungsinya. Untuk pengeras. kalo gak ada bisa beli aja hardener clear untuk penggantinya biasanya ada di jual, tapi harganya relatif lbh mahal.

    BalasHapus
  22. Gan mw tny apa cat dasar itu sama dengan epoxy surface atau tdk, thx.

    BalasHapus
  23. Bisa dibilang sama. Tapi fungsi epoxy surfacer bukan hanya sekedar untuk cat dasar saja. Cat dasar bisa di artikan cuman sekedar menghemat cat asli nya / untuk finishing nya. Dimana sewaktu akan mengecat kita ragu kalau cat yang akan kita aplikasikan cukup ato tidak, kita harus menggunakan cat dasar supaya cepat nutup. Coba baca lebih seksama artikel diatas mengenai fungsi epoxy. terima kasih.

    BalasHapus
  24. gan jika untuk mobil yang d kerok total trus d epoxy primer apakah harus d lapisi dempul lagi atau langsung d epoxy surfacer aj sudah cukup???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harus di dempul kalo ada yang penyok gan, baca disini http://www.tokocatmobil5.web.id/2010/07/teknik-memperbaiki-body-mobil-penyok_16.html setelah di dempul aplikasikan epoxy surfacer keseluruh body mobil.

      Hapus
  25. Kalo boleh nanya gan..
    Saya mau cat ulang mobil..
    Disarankan sama bengkelnya untuk beli lem epoxy union buat dasaran pertama setelah di kelupas cat dan dempul original..
    Katanya biar lebih kuat..
    Pertanyaanya..
    Apakah benar lem epoxy union bisa dipakai sebagai dasaran primer,,soalnya setahu saya, lem union biasa di pakai buat ngelem kayu..
    Atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum nya mohon maaf, saya belum pernah mendengar mengenai produk tersebut. Setahu saya kalo produk menggunakan kata "lem" adalah bahan perekat pada media tertentu. lazimnya media kertas, tembok, kayu. untuk produsen bahan otomotif tidak pernah ada kata lem pada produk refinishnya. Sebaiknya coba beralih ke bengkel lain yang lebih transparan memberikan informasinya bukanya malah menyesatkan.

      Hapus
    2. Ok...gan...
      Betul kata sampeyan,,
      Meskipun mobil tua,,saya nggak mau dijadikan eksperimen..
      Yang normal-normal saja..
      Terima kasih infonya..
      Sangat membantu sekali..
      Semoga menambah berkah..
      Amiin..

      Hapus
    3. Lagian epoxy primer harga termahal cuman 70 rb an per kaleng 2.8 kg.

      Hapus
  26. Mau tanya apakah epoxy baik primer-sekunder bila di aplikasikan ke knalpot tidak lepas/rontok trim`k

    BalasHapus
  27. knalpot panas, saya rasa gak ada gunanya di epoxy pasti akan terbakar,. saran gunakan cat semprot pilok saja jenis hi-temp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak atas masukkannya, karena hampir saja saya epoxy knalpot saran dari teman supaya panasnya diredam epoxy jafi tidak cepat berubah tapi kalau epoxy nya terbakar jadi mubazir

      Hapus

Komentar akan dimoderasi, untuk pertanyaan dengan topik baru anda bisa jumpai pada post artikel baru yang sudah dijawab oleh penulis. Tks