Minggu, 22 Agustus 2010

Info Kompresor Untuk Pengecatan.

7






Boleh saja kita mempunyai perlengkapan mengecat yang berkualitas dan menghabiskan waktu kita berlama - lama untuk melakukan persiapan tahap pengecatan mobil yang benar.
Mungkin anda juga sudah menggunakan spray gun berkualitas tinggi akan tetapi tetap saja hasil pengecatan kita amburadul. Ini mungkin saja akibat tekanan udara yang terdapat kompresor kita yang kurang efisien, atau juga tangki kompresor tersebut terdapat banyak cairan dan kotoran minyak.



Pengaturan Tekanan udara dan kebersihan kompresor angin sangat mempengaruhi pada hasil pengecatan, yang mana akan menghasilkan semburan udara yang kering dan bersih. Secara tidak langsung berpengaruh pada kesempurnaan hasil pengecatan.Partikel cairan dan kotoran sekecil apapun yang ada di dalam kompresor angin akan dengan mudah keluar melalui kepala spray gun, kecuali anda menggunakan system filter udara.

Apabila partikel ini terakumulasi dan mengendap pada spray gun anda, maka hasil pengecatan tidak akan sempurna karena pola semprotan spray gun anda dipastikan akan amburadul.
Jika mengecat hanyalah sebuah hobby buat anda, pakailah kompresor berukuran kecil saja. Pilih lah kompresor sesuai kebutuhan anda.

Pastikan anda memilih kompresor yang memiliki ukuran minimal 5 hp ( horse power ) atau lebih. Ini akan memberikan kesinambungan suplai udara tanpa harus menunggu mengisinya kembali.

Apabila kompresor bekerja keras untuk memenuhi pasokan udara maka akan menghasilkan udara yang panas. Hal ini akan mengakibatkan kelembaban yang akan masuk kedalam sistem pipa yang akan menyebabkan kondensasi.
Yang anda butuhkan adalah kompresor yang dapat menghasilkan tekanan udara cadangan dan kemudian dimatikan untuk beberapa lama supaya udara dapat didinginkan terlebih dahulu.

Meskipun kompresor mempunyai roda, carilah tempat permanen yang aman untuk meletakanya. Pastikan juga mempunyai selang yang panjang untuk dapat menjangkau di area manapun pada saat anda membutuhkanya. Panjang selang minimal 8 meter atau 15 meter lebih untuk mengecat mobil dengan diameter selang bagian dalam adalah 3/8 inch.

Anda harus merencanakan dahulu apabila anda hendak membeli sebuah kompresor. Pada mulanya anda hanya membutuhkan kompresor untuk menyemprot spray gun, akan tetapi kemudian anda juga akan membutuhkan segala perlengkapan selang udara untuk proses pengecatan yang benar dan bagus.

Mungkin anda berpikir untuk membeli kompresor hanya untuk sekali saja. Perhatikan benar benar ukuran tekan udara dan volume yang dibutuhkan peralatan pengecatan anda, sehingga kompresor yang anda beli nantinya dapat memenuhinya.

Mari kita ulas tentang volume Udara kompresor:

anda dapat menentukan volume ukuran kompresor dengan membandingkan kgf/cm2 udara yang dibutuhkan spraygun anda dan pengaplikasian produk cat tertentu mempunyai kisaran angka bar yang dibutuhkan.
apabila kompresor tersebut cocok dengan ukuran kgf/cm2 yang kita butuhkan, maka akan lebih bagus. Suatu contoh apabila anda membutuhkan 5.098 kgf/cm2 untuk spray gun anda dan dengan ukuran kompresor 2 hp maka hanya akan menghasilkan 2.21kgf/cm2 dan kemudian anda akan bingung mencari kompresor pinjaman yang mempunyai ukuran 6.5 kgf/cm2 atau lebih untuk pengecatan.
anda juga harus memastikan bahwa kompresor tersebut memiliki kapasitas yang cocok. Untuk ukuran peralatan pengecatan anda. sebagai contoh pada 5 hp kompresor yang mempunyai suply udara yang cukup sekitar 20 galon / 90 liter udara yang akan cukup untuk ukuran spraygun biasa, dianjurkan yang lebih besar kapasitasnya sampai 35 / 160 liter gallon akan lebih mencukupi ketersediaan cadangan udara.

Tentang Tekanan Udara :
selang udara mengakibatkan tekanan udara berkurang. Semakin panjang ukuran selang dan semakin kecil ukuranya maka tekanan udara antara spray gun dan kompresor akan kecil. Ini dikarenakan 8 meter tadi. Penurunanya bisa sebesar 10 psi per 8 meter dengan diameter dalam selang 3/8 inci. Ini adalah alasan lain mengapa anda harus membeli kompresor yang berkualitas tinggi.
pastikan anda mempunyai ukuran tekanan udara yang sampai menuju spraygun anda, semprotkan spraygun anda dengan penuh dan tahan pada saat anda men setting regulator tekanan udara.
Mungkin penunjuk ukuran akan berada pada 50 psi apabila spraygun tidak dibuka, dan apabila dibuka penuh akan jatuh pada kisaran 25 sampai 35 psi.
Tabel Konversi tekanan udara volume & kompresor
Ini sangat penting untuk menentukan ukuran cat yang menggunakan tingkat psi sebagai indikasi suatu produk cat tertentu yang dapat anda baca pada tiap-tiap brosur label keterangan beserta cara penggunaanya. Pengukuran  Tekanan Udara yang dibutuhkan lihat tabel diatas:

Tentang Semprotan Udara Kompresor Kering:

Hasilkan udara pada kompresor dengan menyaring air dari udara yang dihasilkan akibat kelembaban udara sehingga anda harus membeli penyaring air untuk kompresor dari toko terdekat.
Letakan pada jarak 8 meter di selang udara untuk memberikan hasil maksimal, dan juga gunakan satu lagi dekat spraygun anda. Kompresor anda sekarang mempunyai tangki penyaring air sendiri dan jangan lupa mengosongkanya dengan teratur.

Idealnya, anda harus menggunakan pipa galvanis atau tembaga dari kompresor menuju penyaringan udara. Hal ini akan membantu mengakumulasi kelembaban udara akibat panas menuju penyaringan air tersebut.( beberapa produk filter udara sudah terinstalasi pipa ini )

Udara yang panas akan mempunyai waktu yang cukup untuk pendinginan pada saat melewati pipa tersebut, sehingga mengakibatkan kelembaban udara panas tersebut terkondensasi dan air menetes pada penyaringan udara.

Pada saat anda selesai melakukan semua pengecatan dan anda mengecek filter udara anda, maka anda akan terkejut mengetahui apa isinya didalam filter udara kompresor anda !!!
???.

selamat mengecat.... - Reviewer: tokocatmobil lima - ItemReviewed: Info Kompresor Untuk Pengecatan.
You Might Also Like
JOIN THE DISCUSSION

Komentar akan dimoderasi, untuk pertanyaan dengan topik baru anda bisa jumpai pada post artikel baru yang sudah dijawab oleh penulis. Tks

7 comments

Anonim
28 April 2012 10.36

Ulasannya mantap pak

23 Mei 2012 10.53

that's right

Anonim
27 Agustus 2012 19.31

terima kasih banyak gan atas ulasannya,nambah wawasan tentang pengecatan....terus bikin hal2 kayak gini gan

27 Desember 2012 22.37

trm atas infonya.ini sangat berguna bagi saya.http://mainanalfaqih.blogspot.com

25 Januari 2013 21.16

Mo tanya, sy punya Kompreson Lakoni dirumah, type GP125X, 0,75HP-0,5Kw, Tank 12 L, Max 8 Bar, 2850 RPM apakah bisa digunakan untuk pengecatan?

Maaf baru mo belajar, tolong dijawab ya. Terima kasih.

26 Januari 2013 18.15

@Ferdinandragak apa - apa, namanya aja masih nyoba.. kalo untuk bidang besar seperti mobil sih kurang ideal., tapi coba saja dulu untuk ngecat motor ;)sukses..thanks

5 Februari 2013 16.13

maaf pak, mau nanya pak..???
melihat hasil pengecatan yang baik itu caranya gimana pak? apakah menggunakan alat ukur atau lain sejenisnya?
mohon bantuannya pak...!!!