Rabu, 10 November 2010

Tahap Cara Pengecatan Body Motor / Airbrush

, 95






Bahan dan Alat yang digunakan untuk mengecat Motor :

Buat Ruang Khusus untuk Pengecatan:

Tidak perlu menggunakan ruangan khusus untuk pengecatan cukup gunakan gudang anda. Bersihkan gudang anda dan lapisi dengan terpal atau plastik berwarna putih ( bisa juga dengan dicat ). Dan letakkan beberapa kipas angin / blower dengan berbagai ukuran kecepatan untuk menyedot partikel dan bau di dalam ruangan.
Siapkan juga lampu penerangan / tube lamp yang diletakan berlawanan arah untuk memberikan cukup pencahayaan saat anda mengecat motor, yang nantinya akan dibantu oleh refleksi pantulan sinar dari dinding warna putih yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Keamanan.
Pastikan juga sirkulasi udara dalam spray booth ( ruang pengecatan ) bagus, sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan anda. Hal ini penting untuk menecegah kebakaran karena aroma dan bau cat tersebut sangat mudah terbakar. Pastikan alat listrik , steaker, kabel sudah terinstal dengan benar dan tidak membahayakan, dan juga gunakanlah masker yang berkualitas bagus.

Alat Pengecatan Motor..
Setidaknya anda menggunakan dua spraygun yang bagus, Ukuran Kompresor Angin Yang cocok dan bagus. Spray gun dibutuhkan 2 unit untuk primer dan yang lainya untuk pengecatan dan aplikasi clear coat.

Tahap Pengecatan motor.
Lepaskan Tangki motor dari rangka. Biasanya terdapat dua sekrup yang berada di depan dan bagian belakang. Jangan lupa menutup kran bahan bakar dahulu. Pastikan tangki motor yang akan anda cat tidak mengalami kebocoran. Sebaiknya lakuakan dulu perontokan cat dari logam tangki. Apabila ada kebocoran gunakanlah epoxy dan dilapisi menggunakan fiberglass atau lebih bagusnya anda reparasi ke spesialis reparasi tangki, karena bagian tangki adalah sebuah item utama bagi penampilan motor.
Setelah masalah kebocoran teratasi Keringkan dan tutup katup bahan bakar menggunakan isolasi pastikan dahulu tidak ada gas bahan bakar atau aroma bensin / harus kering sepenuhnya. Isolasilah semua bagian dari panel yang anda tidak ingin mengecatnya contoh : strip, Variasi, Logo dll.
Setelah proses pengupasan cat selesai gunakanlah degreaser / dilap pakai thinner untuk membersihkan permukaan logam dari kotoran dan minyak.
Gunakanlah Epoxy Primer ( Khusus logam ) diatas lubang kecil dan bagian yang penyok. Penggunaan Epoxy Primer memberikan lapisan dasar dan daya rekat yang bagus untuk lapisan Cat diatasnya. Semprotkanlah primer dengan gerakan yang agak cepat pada permulaan pengaplikasian supaya mendapatkan lapisan yang tipis dan merata. Kemudian Gunakanlah Primer dalam jumlah secukupnya beberapa lapis sampai anda puas. Kadang bisa sampai 6 lapisan atau bahkan lebih.

Amplas Epoxy menggunakan amplas ukuran 120 atau 360 dilanjutkan dengan ukuran 400 atau lebih, bertujuan untuk menghaluskan dan memberikan pola alami dari cat, dan menghasilkan lapisan cat berikutnya sehalus sutra. apabila ada lubang kecil / penyok yang terlihat oleh mata anda dan tangan anda setelah proses menghaluskan epoxy, gunakanlah dempul secukupnya untuk menutup area tersebut ( tidak boleh melebihi 2 cm ketebalanya ). Biasanya dalam proses pengamplasan epoxy penyok kecil ini mudah terlihat dan terasa.
Gunakanlah amplas ukuran 80 dan pada saat dempul tersebut sudah berkuran ketebalanya lanjutkan menggunakan amplas ukuran 120 dan kemudian finishing amplas ukuran 400. Dan sekarang anda sudah siap untuk penggunaan epoxy surfacer yang akan memberikan lapisan yang lebih halus dan ideal untuk dudukan cat.
Epoxy Surfacer juga akan mencegah Thinner masuk kedalam dempul yang mana akan mengakibatkan hasil pengecatan menggelembung pada clear coat. Pastikan anda mengikuti panduan dan spesifikasi pada setiap produk cat yang anda gunakan. Kegagalan pengaplikasian produk akibat kesalahan pencampuran takaran, waktu pencampuran , dan temperatur akan mengakibatkan anda frustasi.

Penggunaan Cat dan Clear Coat.
Sekarang saatnya mengecat !!!. Semprotkan cat menurut Spesifikasi panduan produk jumlah campuran, waktu per lapisan, suhu pengeringan dll. Dan kemudian gunakanlah clear coat. Setelah ronde pertama clear coat telah kering amplaslah menggunakan amplas basah ukuran 600. anda akan melihat lubang / pori pada lapisan clear coat tersebut. Lanjutkan pengamplasan hingga pori tersebut hilang. Apabila anda akan melakukan Airbrush sekaranglah saat nya menggambar diatas permukaanya. Setelah selesai menggambar atau menggunakan cutting sticker tutuplah menggunakan proses pengaplikasian clear coat lagi. Kadang harus menggunakan 2 lapisan lagi atau lebih untuk mengubur gambar tersebut.
Apabila sudah halus dan bagus, Amplaslah menggunakan ukuran 1500. Apabila anda ingin hasil lapisan yang lebih lembut dan mengkilap lanjutkan menggunakan ukuran 2000.

Tahap Pemolesan.
Sekarang adalah bagian kerja yang paling ditunggu. Hal terakhir adalah memoles body motor yang sudah dicat sehingga sehalus kaca. Anda membutuhkan alat poles yang mempunyai kecepatan yang bervariasi , sponge poles, dan kompon.
Gunakanlah kompon halus untuk menghilangkan permukaan clear coat yang jadul akibat proses pengamplasan tadi. Setelah cukup licin anda bisa menggunakan obat poles untuk memunculkan kilap dari kualitas clear coat yang anda gunakan. Description: Cara Mengecat Motor Sendiri Rating: 4.5 - Reviewer: tokocatmobil lima - ItemReviewed: Tahap Cara Pengecatan Body Motor / Airbrush
You Might Also Like
JOIN THE DISCUSSION

Komentar akan dimoderasi, untuk pertanyaan dengan topik baru anda bisa jumpai pada post artikel baru yang sudah dijawab oleh penulis. Tks

95 comments

Anonymous
19 November 2010 13.49

Hey i am suuper boy

15 Desember 2010 20.59

syieep...TQ bangaet sangat membantu, menambah perbendaharaan pengetahuan dunia percatan ane

15 Februari 2012 13.00

Thank

Anonim
13 Mei 2012 00.25

Salam kenal saya Erry, saya tertarik untuk mengetahui informasi mengenai pegecatan mboil , mohon informasinya ;
1. Disamping info dari pabrik cat mengenai aturan pakai , Apakah ada rule of thumb pencampuran antara cat dan thinner,,,? Misal nya jika di lihat dari tetesan cat di stik adukan...
2. Apakah tidak bisa dilakukan sekaligus pencampuran antara, Cat, Thinner, clear coat dan hardner,,?
3 Apakah proses setelah pengecatan langsung step pengecatan clear coat....? Tanpa ada pengamplasan lagi.
4. Apa beda nya poles dengan meng compond,,,?

Terimakasih

13 Mei 2012 01.15

@Erry:
1. Biasanya kalo menggunakan acuan sendiri mengenai indikator takaran kekentalan yang cukup untuk cat jenis Nitrocellulose/N.C/Lacquer jenis cat ini lebih kental, sehingga gambaran yang bisa saya jelaskan sebagai ilustrasinya pada pencampuran thinner dan cat sebaiknya setelah diaduk dan stick adukan anda angkat kekentalanya kurang lebih seperti minyak goreng / mengalir,. itu sudah cukup kental, atau bisa di bikin agak encer lagi., disesuaikan dengan tekanan angin kompresor yang anda gunakan,. Sedangkan untuk jenis cat oven / polyurethane: jenis cat ini memiliki karakteristik lebih encer akan tetapi daya tutup permukaanya cepat sekali sehingga setelah stik anda angkat sudah menetes 3/4 detik juga sudah cukup kental.
2.sebaiknya dilakukan dengan terpisah untuk hasil maksimal antara pengecatan dan proses clear coating.
3.pengamplasan setelah permukaan cat kering hanya untuk pembersihan noda cat yang tidak merata seperti kotoran, deposit cat yang menonjol karena kotoran di spray gun sehingga hasil semprotan tidak rata bila di raba dengan tangan,., gunakan amplas halus grid 800 saja pada bidang yang perlu diratakan. Apabila hasil pengecatan sudah merata tidak perlu dilakukan pengamplasan apapun. Proses pengeclearan usahakan kisaran 10 - 15 menit setelah cat kering sempurna.
4.Compound bersifat abrasif/mengikis sekaligus meratakan,membersihkan residu clear coat., semisal contoh dalam finishing pengecatan:
- ada beberapa produk clear coat yang setelah kering permukaanya keras sekali untuk di compound. Setelah pengeclearan dan sudah kering tekan. biasanya untuk mendapatkan hasil kilap yang maksimal bengkel akan mengamplas permukaan clear coat tersebut menggunakan grid amplas 1200 sampai permukaan clear coat itu buram, setelah itu mereka meratakan dan membersihkan residunya menggunakan compound sampai licin permukaan clear coatnya meskipun masih buram hasilnya, nah disinilah peran produk polish seperti turtle wax, Kit, Silicone dll untuk mengembalikan atau memaksimalkan hasil kilap dari clear coat. Sekian jawaban semoga bermanfaat,. selamat bereksperimen,. Terima kasih mau berkomentar di artikel ini

Anonim
28 Mei 2012 21.43

numpg tany ni. . .lo epoxy filler tu sma ga ma epoxy surfacer

28 Mei 2012 22.00

sama saja, bedanya kalo surfacer lebih di khususkan untuk finishing karena kharakteristiknya lebih halus dan permukaanya mendukung untuk finishing pengecatan. Karena surfacer daya lengketnya lebih bagus maka jenis epoxy ini bisa juga untuk primer langsung diatas plat. Kalo istilah filler biasa tergantung merek produk masing - masing spesifikasinya. mungkin ada yang bisa digunakan diatas plat atau hanya bisa untuk menutup di atas dempul saja. Semoga bermanfaat.

Anonim
28 Mei 2012 22.53

tq. . .sgat b.mnfaat,nany lg ni
1.biasany stlh .compon mlah buram,g gilap spt sblm .cmpon(wl ah pke obt poles). . .ap prlu thp pengcompñan tu

2.bgmn biar pengclear.an g tjd kesan g rata(spt kulit jeruk) dan biar nampak bsah

28 Mei 2012 23.19

Coba ganti obat polesnya dan ikuti petunjuk pemakaianya. kalo kulit jeruk relatif pada clear, bisa jadi proses pengeclean sudah maksimal / benar. dikarenakan produk clear bukan yg wet look atau bisa disiasati dg campuran thinner diperbanyak / disemprotkan lebih encer. kalo kulit jerunya terjadi pada lapisan cat hrs tambah thinner dan tekanan angin diperbesar jangan lupa sebelum pengecatan harus diepoxy surfacer dulu supaya thiner tidak tembus ke bagian cat dibawahnya.

28 Mei 2012 23.29

Jangan lupa pada proses pemolesan gunakan spon/busa poles. Jangan menggunakan kain apalagi bekas compound. dijamin hasil polesan anda tdk bisa kinclong. busa cuci mobil harga kisaran cuman 10 rb bisa dipakai apabila anda tidak menggunakan alat mesin poles.

Anonim
29 Mei 2012 10.54

mksh boz. . .ad mslh lg ni
kn ad bgian mtor yg terbuat dr plastik (spatbor blkg,tmpt spdo mter dll) biasany lo lgsg d.cat trjd penglupasan,pcah2 wl udah pke epoxy. . .bgkel2 blg pke p.p primer dlu bru epoxy
yg mo sya tnykan gmn ni cr penggunaany. . .kn bntkny cair tu ky tiner

29 Mei 2012 15.43

Tambah thinner dikit jgn lebih dari 5% kalo mmg sudah encer.

Anonim
29 Mei 2012 17.32

oke mksh. . .low mo ngcat warna stabilo yg g cpt pudar pke cat ap boz,ap bgus pke catspray yg dri produk pillox yg d.encrkn(d.kluarkn dri kaleng spray)

29 Mei 2012 18.56

Pake yg merk pentagloss lebih cerah, awet, dan tahan lama warnanya.

Anonim
29 Mei 2012 21.30

wktu ngclear bgusan pke tkanan angin yg besar ap kecil. . .krn low tkanan angin besar biasany sisi laen agak berkabut,tp low kecil kmgkinan berkulit jeruk sgat besar

29 Mei 2012 21.43

@Anonimsebenarnya memang ada karakteristik clear yang seperti kulit jeruk maksimal nya,. dan itu sudah benar. Sebaiknya anda usahakan seperti kulit jeruk, kesalahan bukan pada cara anda menclear nya. Contoh mobil grand livina clearnya apa bila anda lihat dari dekat memang seperti kulit jeruk,.akan tetapi dari jauh mengkilap,. apabila diraba menggunakan tangan sudah halus dan rata saya rasa tidak ada masalah

29 Mei 2012 21.49

@Ailbert Louis CarioKulit jeruk pada lapisan clearcoat lumrah atau normal,. karena kepadatan tutup pori clear maksimal dan justru hal seperti ini yang bagus,. kalo masih kurang mengkilap ada baiknya di coba di tambah kan hardener lagi.

29 Mei 2012 21.53

@Anonimtekanan angin normal saja yang dipakai.

Anonim
29 Mei 2012 22.05

trs low ingn mengcat bhan yg tlah dkrom gmna bos. . .biar epoxy bisa menempel kuat

29 Mei 2012 22.21

@Anonim ya harus di amplas kasar or kupas dulu chromnya supaya epoxy punya daya cengkramnya.

Anonim
14 Juni 2012 17.24

thx banyak...

14 Juni 2012 20.35

mantap boss ..

17 Juni 2012 23.08

gan mau numpang tanya nih,,kalo kita mengecat pake cat yang murah ato yang mahal itu bakal ngaruh ga ya??bedanya cat biasa ama yang mahal apa gan??

mohon penjelasannya ya gan :)

18 Juni 2012 00.27

@daskBisa Lebih spesifik? bukan masalah harganya,. tentu dari segi kualitas juga berbeda kalo cat yang bagus biasanya mempunyai karakter warna, daya tutup, awet, dll.. sehingga meskipun harganya lebih mahal akan tetapi akan lebih murah nilai ekonomisnya daripada yang murahan.. dari segi pengerjaanya lebih berpengaruh pada hasilnya,. oleh sebab itu pengetahuan dan skill pengecatan mutlak diperlukan dengan mengetahui tiap jenis cat sehingga bisa mengaplikasikanya secara maksimal.

24 Juni 2012 23.14

ya contoh antara danagloss ama sikens gtu gan?terus kalo foxy berapa lama sampe keringnya bagus?apa musti sampe bener2 keras?katanya si musti nugu 3 hari buat bener2 bagus keringnya,bener ga ya gan?

24 Juni 2012 23.24

@daskitu cat termasuk cat bagus, gunakan 1 produk saja kalo pake danagloss ya mulai poxy hingga clear coat gunakan danaglos termasuk thinnernya, begitu juga kalo sikkens. epoxy tidak terlalu lama untuk proses pengamplasan biasanya 30 menit setelah aplikasi bisa langsung di amplas, paling lama 1 jam pada suhu 28 derajat.

25 Juni 2012 09.19

hoho gitu ya, kalo thiner untuk poxy, untuk cat, ama untuk clearcoat harus dibeda2in ga jenis thiner nya??terus kalo cat pake dana n clear pake blinken gmn hasilnya?apa gpp??

maaf ya boss banyak nanya, maklum pemula :D

25 Juni 2012 11.31

@daskthinner untuk poxy gunakan ND,or A biasa aja, kalo cat NC gunakan spesial, kalo clear tergantung jenis clearnya NC or PU,. Thinner clear NC gunakan special A, kalo Pu ya harus Pu thinnernya.

25 Juni 2012 12.57

siap boss..makasih banyak y gan :)

28 Juni 2012 12.36

bagaimana cara menggambar airbrusx lebih detail lagi,,, tolong pencerahanx....
coz sy baru mw belajar

28 Juni 2012 18.00

@Baramohon maaf bro, saya kurang begitu menguasai tentang airbrush secara teknik garis besarnya pun. Setahu saya, hal seperti ini biasanya kinestetik yaitu belajar tehnik sambil praktek.

Anonim
27 Juli 2012 09.51

MAKASIH.. INFONYA GAN...

Anonim
2 Agustus 2012 09.45

GAN gue armand,,
mw nanya nih ttg proses CLEAR, kan btuh 2 smpe 3 lapis smpe 4 lpis nih, nah misalnya klo kita udh clear lpis prtama, brpa waktu jeda untuk mmbuat lpis ke-2 dan sterusnya..
.thkz..

2 Agustus 2012 22.08

paling lama 10 menit aja.

Anonim
3 Agustus 2012 06.51

klo mw cat mesin motor,, agar gak gampang trklupas itu harus pake epoxy apa trlbih dulu.???
.

4 Agustus 2012 19.02

mesin motor tidak dianjurkan untuk di cat karena ada heat sink nya ato bisa membuat mesin lebih panas apabila di cat. Tapi kalo memaksa coba aja pake epoxy primer dahulu sebelum di cat.

Anonim
5 Agustus 2012 10.46

.kemaren ane beli EPOXY PRIMER SURFACER ,, yang ane mau tanya nih apa sih beda EPOXY PRIMER SURFACER ama EPOXY PRIMER biasa dan EPOXY SURFACER biasa ???

7 Agustus 2012 06.46

kalo epoxy primer surfacer pake di logam langsung pak macam tangki, kalo epoxy biasa dan surfacer lebih untuk sebelum pengecatan finishing atau di atas dempul.

Anonim
15 Agustus 2012 21.55

gan kalo cat untuk mesin gmn??
ap ada cat khusus buat mesin motor???

16 Agustus 2012 00.09

@Anonimada, namanya hi-temp berbentuk spraycan atau botol semprot tahan panas. tapi pilihan warnanya sangat terbatas.

Anonim
17 Agustus 2012 18.36

kalo yg bukan spraycan ada gak pak???

FELIX
21 Agustus 2012 13.21

kalau ngecat sendiri body motor yang terbuat dari plastik pakai cat kaleng semprot siap pakai gimana gan?
apa2 aja yang dibutuhkan dan gimana prosesnya?

thanks :)

Anonim
21 Agustus 2012 18.50

pak di atas dijelaskan bahwa "Setelah ronde pertama clear coat telah kering amplaslah menggunakan amplas basah ukuran 600. anda akan melihat lubang / pori pada lapisan clear coat tersebut. Lanjutkan pengamplasan hingga pori tersebut hilang".
- apakah setelah diamplas tidak malah jadi buram pak? terus
- setelah ini apa perlu dicompound dulu atau langsung diclear coat lagi?
tq pak..

Anonim
4 September 2012 23.18

mantap nih thread. ga sengaja buka2 internet malah ketemu ilmu beginian. tinggal prakteknya aja yg belum. lanjut terus bung moderator. ane izin mantau yak.

9 November 2012 15.14

numpang tanya gan...! klu untuk cat ulang pelek racing ( ganti warna ) prosesnya gmn ya, apa harus dklotok dlu cat aslinya ? trus klu untuk cover cvt motor matik gmn agar tidak mudah ngelotok akibat panas dri mesin? klu bs tahapan dan bahan yang dgunakan. makasih

wardy
28 November 2012 13.35

gan.....mw tnya ne ,kalau sudah melakukan clear pada cat,,trus catnya seperti retak...itu apanya gan???

2 Desember 2012 10.12

@wardysystem pengecatan yang tidak benar, salah jenis thinner, aplikasi lapisan atas dilakukan sebelum lapisan bawah kering, komposisi clear coat terlalu banyak sedangkan thinner kurang jumlahnya, kelembaban udara di ruang spray terlalu tinggi. Solusinya :
1. Aplikasi lapisan atas dilakukan setelah lapisan bawah benar – benar kering.
2. Hindari lapisan yang berlebihan
3. Jika terjadi kegagalan, amplas dan ulangi aplikasi penyemprotan

Anonim
26 Januari 2013 22.01

bos ane punya mobil zebra thn 92...mau ane cat sendiri,,ane mita bantuanya bozzz,sekiranya tar cat mobilnya bs kinclong kyk AVANZA...

1.dempul (merk..? )
2.poxy (merk..? )
3.cat dasar (merk..? )
4.cat warna (merk..? )
5.anti gores (merk..? )

oh ya rencananya mau ane bikin warna merah kyk motor BEAT...

trims sebelumnya boozzz...

27 Januari 2013 07.47

@Anonimpakai aja semua bahan mulai dempul sampe clear dari satu merk pabrikan supaya mendapatkan jaminan kualitas pengecatan. Konsultasikan dengan toko mengenai karakteristiknya. untuk warna merah cat mobil jenis station ada yang sudah jadi dan agak cerah warna merahnya dipadu mutiara namanya kira2 "suzuki red metalic". Untuk kinclong nya gunakan clear yang jenis PU type MS ato HS sehingga wet look.Thks

Anonim
27 Januari 2013 09.09

ook tanks bozzz....

Anonim
4 Februari 2013 10.54

sip,numpang lewat...mg tambah rame ni warung...

Anonim
20 Maret 2013 21.10

Bos, Mengapa mobil yang baru saya cat 3 bulan catnya sudah pada keriput di sisi kiri dan kanan mobil, bagian atas tidak. Apa yang salah ya.? trims

21 Maret 2013 18.09

@Anonimnah, ini yang saya bingung arti keriput yang anda maksudkan. Bisa lebih detail ? Apakah yang anda maksud sekedar seperti kulit nenek2 gitu?

Anonim
21 Maret 2013 20.31

ya betul, seperti kulit nenek2, berkerut-kerut terutama pada dinding mobil.

22 Maret 2013 17.58

@Anonimitu tandanya mobil anda lapisan dempulnya atau catnya sudah terlalu tebal sehingga pecah2. memerlukan pengecatan kupas total sampai plat di kerok. baru di cat ulang.

1 Mei 2013 14.44

mau nanya nih... sy sering airbrush pake cat merk ISAMU, bagus ga ya???
trus kalo buat dempul nya yang paling bagus apa nih...???

1 Mei 2013 23.02

@SIGER PURUHITAkalau masalah merk sih menurut saya cocok2 an aja ya gan.. tapi kalo cat jenis nc yang penting selera warnanya aja, untuk masalah clearnya kalo bisa supaya awet gunakan jenis PU yang kualitasnya sudah terbukti terjamin.

Anonim
3 Mei 2013 00.25

@Anonymous
Slam knal
Gue punya masalah ni gan
Ktika gue mau bikin pola kan gue tu2p bagian yang mau d bikin pola dengan lakban kertas trus pan uda selesai kemuan tu2p pola d buka suka ªð̀́a bekas nya gan, gmn ya biar hasil nya gak ªð̀́a bekas nya,,,
Mohon bantuan nya gan

Anonim
3 Mei 2013 00.40

Salam knal gan saya maulana
Mau nanya gan klo misal kan ngecat body motor mesti pke epoxy dulu apa engga gan

3 Mei 2013 06.27

@Anonimcari plakban kertasnya yang bagus. sehingga gak tembus.

3 Mei 2013 06.31

@Anonimharus dan wajib di epoxy, alasany a 1. memudahkan proses pendempulan dan lubang kecil. 2. supaya awet hasil catnya.

Anonim
7 Mei 2013 12.10

numpang tanya om untk pengctan pada honda c70, mau saya cat warna hitam DOP bgusnya cat apa dan kelengkapanya aja. .makasi

9 Mei 2013 22.51

@AnonimCat Solid merk terserah aja asal jangan terlalu murahan, obat doff, clear doff , Thinner tentunya.

11 Mei 2013 20.30

mlm boz ku,klw abis epoxi dan penecetan finising bisa ngak dijemur di terik matahari........... tks sblmx.

11 Mei 2013 21.15

Ass.sy mo nanya gan klo abis epoxi dan cat finising prlu ngak di jemur di terik mata hari.....?

12 Mei 2013 10.33

@iqyu balPerlu sekali untuk membantu proses pengeringan.

Anonim
28 Juni 2013 13.31

Pertanyaan saya sama ky ini om....
Mohon infonya
Makasih,,

31 Juli 2013 00.52

Gan mau nanya nih, kalau mau ngecat tanki motor apa harus dikupas habis cat lamanya ( kondisi cat lama masih bagus, hanya ingin merubah warna saja)
- trus apa harus pake epoxy primer dulu?kalau langsung epoxy srfacer bisa ga?
- yg terahir gimana biar cat di tangki awet kena bensin? Cos biasanya cat mengelupas terkena bensin.
Saya pake cat ,poxy n clear merk pentagloss. Kira2 tahan bensin ga ya? Tolong infonya gan. Tks

1 Agustus 2013 22.08

@CINTAlangsung epoxy surfacer aja.
gunakan clear pentaglos pu yang type lux lebih keras permukaanya kalo sudah kering.

Anonim
5 Agustus 2013 15.57

Gan mau nanya yah,,
Kalo cat candytone perlu di clear lagi ga?
Tks

5 Agustus 2013 18.02

@AnonimJustru cat candytone lebih perlu clear yang kualitasnya bagus. Karena cat tsb apabila terkena sinar matahari terus warnanya cepat memudar. kalo bisa gunakan produk clear yang ada formula anti ultravioletnya supaya lebih awet warnanya.

Anonim
5 Agustus 2013 18.35

Mantap responnya cepet...
Tks buat infonya
1 lg om mo nanya, perlu penambahan thiner ga?
Kan udh encer cat candytone.
Br nyoba ngecat candytone soalnya
Makasih

6 Agustus 2013 20.09

@AnonimKalo sudah encer tambahin aja 10 %. Kalo hasil semprotanya kurang halus bisa di tambah sampai 100 %. atau 1 : 1

Anonim
13 Agustus 2013 01.34

Mau nanya yah om
Kalo cat utama jelek (kotor, orange peel) kan di wet sanding, yg jd pertanyaan:
1. Wet sanding nya tuh asal aja (permukaan cat ada pori" kecil) atau sampai rata n bener halus (permukaan cat ga ada pori") ?
2. Hasil setelah wet sanding kan jd buram, nah itu di cat lg atau lngsng naek clear yah ?
Thks bwt infonya

16 Agustus 2013 01.58

@Anonimdiamplas rata halus. trus di cat perbandigan thinner lebih banyak / encer.

Anonim
19 Agustus 2013 11.17

Mau nanyak bos, saya mau air brush body motor yg bgian dasboar'y asal saya pakek slasiban kertas, saya cabut kok slalu mengelupas pdahal saya ud pakek pp primer. Gn tu bos...?

19 Agustus 2013 19.36

@Anonimcoba di amplas grid 150 dulu, trus gunakan epoxy biasa gak usah pp primer. cat tunggu kering betul, gunakan isolasi yang tidak terlalu lengket.

10 September 2013 23.42

Gan. Klo epoxy hi efoxy filler yg gmn lg ya gan. Tanks ya. Moga ilmu yg bermanfaatnya mendapat berkah...

11 September 2013 17.48

@Usman Usmanatkanggap aja itu cat dasar.

17 Oktober 2013 22.27

mantap gan tutornya

16 November 2013 16.54

Mas, minta ilmunya dikit ya...
Saya baru beli motor seken nih, mau saya repaint, kebetulan punya mini kompressor & spray gun. Cuma masalahnya motor seken ini udah pernah di repaint dan menurut pemiliknya dia pakai "spraycan". Jelek banget deh. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan sebelum repaint, apakah bisa langsung dikasih PP Primer (body plastik) dan epoxy di tangki, atau harus dirintokin dulu cat awlalnya?
Kalo rontokin cat di tangki kayanya sih mudah, saya biasa pakai paint remover. Nah kalo yang di body plastik gmn mas?
Mohon sarannya ya, thanks

17 November 2013 20.05

@Rtm Effcukup gunakan amplas 220 untuk body plastiknya.

17 November 2013 20.07

@tokocatmobil limaharus dirontokkan semua cat lamanya yah.. sampai bersih.

26 November 2013 18.50

Gan. newbie mau tanya
1. Kira2 butuh berapa jam untuk mulai repaint dr epoxy sampai poles wet look.
2. Apakah hasil cat akan sama antara malam dan siang.
3. Perbandingan hardener dengan epoxy berapa.
4. Perbandingan hardener dengan clear berapa.

27 November 2013 10.41

@faiz hidayat
1. kalau sudah mahir bisa 1.5 hari
2. jelas beda, banyak faktor yang mempengaruhinya ex : suhu, kelembaban udara, pencahayaan dll
3. ada di tiap produk petunjuk pemakaianya tidak sama.
4. sama dengan point 3

15 April 2014 00.59

@tokocatmobil lima

artikelnya bagus banget sangat membantu buat para pemula seperti saya gan, ijin nanya suhu apa penyebab clear coat tidak mau keras walau sudah di jemur selama baberapa hari tetap ga keras, terima kasih sebelumnya atas jawabannya

15 April 2014 19.34

@in my wordCoba biarkan dulu selama sebulan. biasanya bisa keras. soalnya clear jenis pu proses oksidasinya tanpa oven lambat.

6 Mei 2014 00.16

newbie mw nanya bozz, rencana mw ngecat rangka motor, apa catnya hrs di rontokin dlu apa di amplas aja, bwt ngilangin pernisnya? ada yang bilang di amplas aja, coz catnya msh bawaan pabrik. thx sblmya

6 Mei 2014 08.41

@pagar quSebaiknya di rontokin semua dulu. Karena Cat original motor bawaanya bahanya kurang kuat / bagus. itu sih kalo mau awet hasil pengecatanya.

Anonim
18 September 2014 14.11

mau tany niih pa bdany wax sma obat poles ? Mkasih maklum msih awam

19 September 2014 08.38

@Anonimwax itu bagian dari obat poles, ada campuran lapisan lilinya, ada jg yang silicone, dll

Anonim
19 September 2014 10.58

trus ane kmaren kan ngcat mtor sndiri niih .. Udh clear coat , d.hampelas pke 1500 trus 2000 , kumpon lalu d.wax di pinggir sii kliatan efect kaca + halus v dri dpan ko masih buram alias ga wet look qra" pany yg slah master ? Ane clear coat pke blinken ms2500 (100:25:75 thinner)
Satu lgi .. Tau ga tentang crystal fx .. Mkasih bnyak

24 September 2014 07.14

@Anonimitu memang karena maksimal produknya hasilnya cuman segitu. mengenai crystal fx saya belum paham. Tks

Anonim
24 Oktober 2014 12.54

Bro ikutan nanya...kl ngecat candy tone..misalkan lapisan warna kurang rata gmn cara mengatasix..kl diamplas apa g klihatan coresanx (kan cat candytone bening) thanks.

25 Oktober 2014 07.11

@Anonimkalo lapisanya sudah ketebalan daripada experimen buang2 waktu lebih baik diamplas ulang catnya. kali ini campuran thinnernya dibanyakin dikit biar agak encer. semprotkan tipis2 dengan tekanan angin lembut. Perhatikan tiap lapisan sudah rata blum. good luck









Bagi yang ingin sewa server untuk vpn di :